Umum

Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ)

Freiwilliges Soziales Jahr (FSJ)

Mengenal Program Volunteer di Jerman 

Freiwilliges Soziales Jahr atau disingkat FSJ di Jerman adalah program sukarela untuk orang dewasa muda dengan rentang usia 16-27 tahun yang ingin bekerja di sektor sosial. Program ini menawarkan kesempatan untuk bekerja di berbagai lembaga sosial di Jerman, seperti di Kindergarden, yayasan orang cacat, rumah sakit, panti jompo, pusat institusi olahraga dan kepemudaan, serta organisasi sosial lainnya. Peserta FSJ akan akan mengikuti programnya selama rentang 6 sampai 18 bulan penuh dan biasanya akan mendapatkan gaji minimum yang layak, tempat tinggal, jaminan asuransi, tiket transport, serta mendapat sertifikat setelah menyelesaikan program tersebut. FSJ biasanya dianggap sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi para peserta yang ingin mendapatkan pengalaman kerja di sektor sosial sebelum memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke Universitas atau memasuki dunia kerja.

Namun, FSJ sendiri bukan dimaksud sebagai program pelatihan profesional atau pekerjaan. Selama program ini, para peserta dibekali dengan teori dan praktek sesuai bidang yang diambil dan difokuskan untuk mempersiapkan diri, jika ingin melanjutkan ke program ahli profesi kedepannya seperti Ausbildung. Selama FSJ peserta diwajibkan untuk mengikuti seminar/loka karya selama program itu berlangsung. Sebagian besar dalam kurun waktu 12 bulan, peserta wajib mengikuti seminar selama 25 hari yang dibagi kedalam beberapa bulan sesuai agenda. Selama seminar tersebut, peserta akan mendapatkan manfaat seperti ilmu dan teori baru, keterampilan, pengalaman, jaringan internasional karena berkenalan dengan peserta FSJ lainnya. Untuk mengikuti program ini, peserta FSJ diharuskan untuk menguasai bahasa Jerman minimal level B1 agar bisa diterima di kedutaan Jerman di Jakarta sebagai syarat pengajuan VISA FSJ.

 

volunteer-2729695_1280.jpg

Sumber Foto: Gerd Altmann/Pixabay

 

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya terkait program BFD di tautan berikut: https://news.indomarkt.com/menjadi-pengajar-tk-di-jerman-lewat-jalur-bfd

FSJ bisa dibilang mempunyai program yang sama dengan BFD, dari sistem kerja, keuntungan yang di dapat, fasilitas, agenda, hanya saja perbedaan yang mendasar ialah terkait rentang usia sebagai syarat keikutsertaannya, dimana BFD mempunyai jangka waktu yang lebih luas, yaitu diperuntukan untuk mereka yang berusia diatas 27 tahun.

 

Sekalipun peserta FSJ bekerja sebagai sukarelawan, FSJ mengedepankan sistem pelatihan serta pendampingan untuk membantu pengembangan keterampilan para pesertanya. Program FSJ juga memungkinkan untuk belajar lebih lanjut tentang budaya Jerman dan bertemu orang-orang dari latar belakang yang berbeda, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan toleransi budaya. Program ini banyak diminati oleh para kaula muda dari Indonesia yang ingin pergi ke Jerman untuk melanjutkan kiprahnya. Dengan modal yang tidak sebesar untuk tujuan studi, FSJ bisa jadi alternativ dengan biaya yang cukup terjangku, apalagi bisa dilakukan secara mandiri sangat akan bisa memangkas biaya dari mulai persiapan sampai menginjakan kaki di Jerman memulai program ini.

 

Penulis: Imam Rahmansyah

 

 

 

 

Tags: -

0 Komentar :

Belum ada komentar.