Pendidikan

Apa itu Grundschule?

Apa itu Grundschule?
Sumber Foto: Oleksandr Pidvalnyi/Pixabay

Sistem Pendidikan Sekolah Dasar di Jerman

Grundschule merupakan tingkatan strata pendidikan di Jerman yang setara dengan Sekolah Dasar di Indonesia. Namun juga terdapat sedikit perbedaan dengan sekolah dasar di Indonesia yang memiliki lama waktu sekolah selama 6 tahun. Grundschule di Jerman terbagi menjadi dua berdasarkan lama waktu sekolah. Ada Grundschule yang memiliki lama waktu sekolah 6 tahun, lalu setelah itu melanjutkan ke Gymnasium/Realschule/Hauptschule dan ada juga Grundschule yang memiliki lama waktu sekolah hanya 4 tahun.

Perbedaan ini dikembalikan lagi kepada kondisi Anak dan orang tua. Jika dirasa 4 tahun sudah cukup untuk bisa memulai ke jenjang pendidikan selanjutnya, maka orang tua bisa mengajukan kepada pihak Grundschule agar Anaknya setelah tahun ke-4 dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya seperti Gymnasium/Realschule/Hauptschule. Namun jika sang Anak maupun orang tua merasa belum saatnya pindah ke Gymnasium/Realschule/Hauptschule, orang tua pun dapat mengajukan kepada pihak Grundschule agar Anaknya diizinkan untuk tetap melanjutkan kegiatan belajar di Grundschule.

boys-286245_1280.jpg

Sumber Foto: Kris/Pixabay

Apa itu Ganztagsgrundschule?

Grundschule di Jerman pada umunya adalah Ganztagsgrundschule. Seperti di Berlin contohnya, semua Grundschule di Berlin adalah Ganztagsgrundschule. Disini anak-anak tidak hanya belajar pada saat KBM saja, namun sepanjang waktu yang ia habiskan di Sekolah. Pada waktu-waktu selain KBM anak-anak akan dilatih bersosial, pendalaman materi belajar dan juga peningkatan kemampuan berbahasa. Selain itu terdapat juga program pembimbingan anak diluar jam sekolah. Untuk mendaftar anda harus mengisi formulir pendaftaran, yang bisa anda dapatkan di Jugendamt atau Online disini : https://www.berlin.de/sen/bjf/service/formulare/

Kapan dan dimana harus mendaftarkan anak ke Grundschule ?

Bagi anak yang pada musim gugur berumur 6 tahun, maka diwajibkan untuk mendaftar ke Grundschule terdekat. Lama waktu gelombang pendaftaran adalah 2 minggu, namun masing-masing Bundesland (Provinsi) di Jerman memiliki penanggalan tersendiri untuk jadwal pendaftaran masuk Grundschule. Contohnya untuk Bundesland Berlin waktu pendaftaran masuk Grundschule pada tahun 2021 adalah dari tanggal 27 September s/d 8 Oktober dan kegiatan belajar mengajar dimulai 10 bulan setelahnya yaitu pada tanggal 27 Agustus. Berikut laman yang dapat diakses orang tua guna mempermudah proses pendaftaran ke Grundschule :

Dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan saat pendaftaran? Perlu diingat ketika mendaftarkan anak ke Grundschule anak datang bersama kedua orang tuanya, sehingga kepala sekolah memiliki gambaran tentang anak yang akan masuk ke

Grundschule yang bersangkutan.

1. Passpor orang tua

2. Passpor anak

3. Akte kelahiran anak (Asli dan terjemahan)

Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman berikut: Anmeldung zum Schulanfang-Berlin.de

Setelah pendaftaran

Pemeriksaan kesehatan anak anda akan dilakukan oleh Kinder- und Jugendgesundheitsdienst. Saat pendaftaran anda akan dibuatkan janji pemeriksaan kesehatan tersebut. Pembagian jatah kursi Grundschule adalah kewenangan Schulamt sepenuhnya. Jadi tetap ada kemungkinan, jika anak anda diterima di Grundschule yang tidak sesuai dengan yang anda daftarkan. Namun hal ini akan diberitahukan oleh Schulamt terlebih dahulu secara tertulis.

 

Penulis. Muhammad Bagus Dwi Saputra

Tags: -

0 Komentar :

Belum ada komentar.